tmp_25307-p1aoouo3jfjg6t6b16ignt9i315-834678302

Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany terpilih sebagai Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Periode 2016-2020. Pemilihan tersebut diselenggarakan atas hasil musyawarah mufakat dengan 7 anggota formatur yang diselenggarakan di Jambi pada Kamis, 28 Juli 2016.

“Hasil ini berdasarkan formatur yang terdiri dari 7 orang anggota, di mana satu orang mewakili korwil yang terdiri atas 10 hingga 20 Walikota se Indonesia. Oleh formatur itulah Walikota Airin terpilih secara aklamasi menjadi ketua Apeksi,” ungkap Asisten Daerah II Pemkot Tangsel Dedi Budiawan.

Budiawan mengungkapkan bahwa Walikota Airin terpilih karena sudah sesuai dengan kriteria. Kriteria tersebut ketua terpilih harus lebih dari 1 tahun menjabat dan sisa jabatan tidak boleh kurang dari 4 tahun.

“Walikota Tangsel memenuhi kriteria ini, selain itu juga beliau memiliki kecerdasan dan prestasi yang luar biasa. Sehingga banyak walikota lainnya yang memang mendukung beliau menjadi Ketua Apeksi,” bebernya.

Budiawan menuturkan bahwa walikota lain terutama yang di luar pulau Jawa sangat mendukung Walikota Airin menjadi ketua, sebab beliau dapat menjadi kepanjangan tangan mereka untuk urusan ke pusat pemerintahan di Jakarta, mengingat letak geografis Tangsel yang berbatasan langsung dengan Ibukota Negara.

Menurut Budiawan, Apeksi dibentuk sebagai sebuah organisasi yang mewadahi Walikota. Organisasi tersebut menjadi jembatan apabila muncul persoalan aplikasi peraturan dan undang-undang tentang kepemerintahan yang baru di lapangan. Contohnya urusan pengelolaan SMA dan SMK yang saat ini oleh Undang-Undang menjadi urusan Pemerintah Provinsi tetapi Pimpinan di daerah merasa urusan itu lebih baik untuk tetap menjadi urusan Kota/Kabupaten.

“Dalam kegiatan apeksi paling tidak ada musyawarah nasional. Tidak tertutup kemungkinan akan ada kerjasama antar daerah,” bebernya. Satu daerah yang memiliki program unggulan tertentu dan telah berhasil diterapkan dapat diadopsi di daerah lainnya.

Sementara, Wakil Walikota Tangerang Selatan Benyamin Davnie, mengungkapkan pemilihan ini berhasil setelah diusung sejak lama. Walikota Tangsel diusung mewakili Korwil 3 yang meliputi, Provinsi Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Yogyakarta.

“Ini menjadi kebanggaan kita bahwa walikota terpilih sebagai ketua umum. Selamat atas terpilihnya semoga diberikan kelancaran ke depan,” harap Wakil Benyamin.

Terlibatnya dalam Apeksi tentu memberikan kontribusi besar dalam pembangunan kota. Bisa saling menjalin kerjasama antar kota dan ini sudah dijalankan sejak lama.

“Semoga dengan ini bisa semakin membuat kompak antar kota yang tergabung dalam Apeksi. Ini yang diharapkan,” tambahnya.

Pada rangkaian Munas Apeksi yang dimeriahkan dengan pawai budaya tersebut, Kota Tangsel menampilkan beberapa budaya khas Tangsel. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Kantor Budaya dan Pariwisata Tangsel Yanuar.

“Dalam Apeksi di Jambi, kami diminta untuk menampilkan budaya khas Tangsel. Tarian khas Tangsel, rampak tambur, palang pintu dan lenong dikolaborasikan,” papar Yanuar.

Kesenian tersebut merupakan kesenian Betawi yang dimiliki Tangsel. Sehingga bisa ditampilkan sebagai ciri khas Tangsel. Penampilan tersebut dimainkan oleh sanggar budaya binaan Budpar Tangsel.

“Kami sangat bangga bisa diberikan ruang untuk mempromosikan seni budaya yang Tangsel miliki. Ke depan kami harap bisa terus tampil dalam ajang nasional maupun internasional,” bebernya.

Leave a Reply