Puskesmas Sawah Baru Bakal Dilengkapi Layanan Rawat Inap

Airin Rachmi Diany saat menyapa salah satu pasien di RSUD Tangsel

Kami berharap sarana dan prasarana untuk segera dilengkapi, sehingga Puskesmas Sawah Baru bisa menjadi Puskesmas rawat inap. Sama halnya dengan Puskesmas yang lain di Tangsel – Airin Rachmi Diany –

Kini warga Sawah Baru, Kecamatan Ciputat tak usah jauh-jauh lagi untuk berobat ke Puskesmas. Kemarin, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Sawah Baru di Jalan Puri Palem 1 RT 003/RW 006 resmi dioperasikan.

Selama ini, warga jika hendak berobat datang ke Puskesmas di Kelurahan Sawah atau Puskesmas Ciputat.

“Puskesmas ini bisa melayani warga dari area sekitar Sawah Baru. Ini adalah salah satu sarana prasarana yang bisa mendekatkan pada masyarakat. Tentunya sebelum mendirikan, kami sudah meneliti mulai dari akses, jarak, jumlah penduduk, dan lainnya,” ungkap Suharno, kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangsel.

Di UPT Puskesmas Sawah Baru ini, semua pelayanan sudah tersedia kecuali untuk rawat inap. Pelayanan dan fasilitas rawat jalan tersebut adalah poli umum, poli gigi, Keluarga Berencana (KB), melahirkan, dan Unit Gawat Darurat (UGD).

“Empat dokter siap melayani masyarakat di Puskesmas ini. Tentunya didampingi dengan tenaga kesehatan lainnya yang sudah memenuhi kualifikasi sesuai dengan basic,” jelas Suharno.

Tahun ini, Dinkes Kota Tangsel meresmikan tiga Puskesmas lainnya yakni, Puskesmas di Pamulang Timur, Lengkong Wetan, dan Bambu Apus.

Sementara, Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany mengatakan bahwa bangunan seluas 500 meter ini masih belum memiliki sarana dan prasarana untuk rawat inap. Namun tentu hal itu akan segera dilengkapi.

“Kami berharap sarana dan prasarana untuk segera dilengkapi, sehingga Puskesmas Sawah Baru bisa menjadi Puskesmas rawat inap. Sama halnya dengan Puskesmas yang lain di Tangsel,” ungkap Airin.

Puskesmas Sawah Baru berdiri di lahan seluas 2.300 meter persegi yang merupakan fasos fasum milik Pemkot Tangsel. “Ada yang berbeda dengan Puskesmas lainnya, di sini kita ada penambahan sarana Ram, dimana pasien bisa didorong menggunakan tempat tidur beroda atau kursi roda, sehingga tidak akan berat dan sulit untuk menuju kamar inap di lantai dua,” jelasnya.

Airin berharap dengan adanya Ram bisa memudahkan untuk memberikan pelayanan. Targetnya untuk rawat inap akan segera dilakukan pengadaan, sehingga akhir tahun ini sudah bisa digunakan.(irm)

Source: Tangselpos