PELEPASAN PESERTA JAMBORE: Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany memberikan ucapan selamat kepada peserta Jambore Nasional X di Aula Kantor Walikota Tangsel, Ciputat, Senin (1/8). Sebanyak 65 pelajar SMP di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang tergabung dalam kader pramuka penggalang telah diseleksi. Hasilnya, terjaring 32 penggalang yang siap mengikuti kegiatan Jambore Nasional X yang akan digelar selama tujuh hari, mulai tanggal 14 sampai 21 Agustus mendatang. DemySanjaya/Tangselpos

Foto: Demy Sanjaya/Tangselpos

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany memberikan ucapan selamat kepada peserta Jambore Nasional X di Aula Kantor Walikota Tangsel, Ciputat, Senin (1/8). Sebanyak 65 pelajar SMP di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang tergabung dalam kader pramuka penggalang telah diseleksi. Hasilnya, terjaring 32 penggalang yang siap mengikuti kegiatan Jambore Nasional X yang akan digelar selama tujuh hari, mulai tanggal 14 sampai 21 Agustus mendatang.

Sebanyak 32 anggota Pramuka tingkat SMP di Kota Tangsel bakal mengikuti Jambore Nasional X di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur pada 14-22 Agustus mendatang. Kemarin, mereka dilepas Walikota Airin Rachmi Diany.

Ke-32 siswa tersebut merupakan Pramuka Penggalang terbaik dari hasil seleksi tingkat SMP se-Kota Tangsel. Dari seleksi yang digelar di Tandon Ciater, Kecamatan Serpong, sekitar 65 orang ikut bersaing.

Mereka berkesempatan bertemu dengan anggota Pramuka dari seluruh Indonesia dan yang datang dari negara-negara Asean. Di Jambore Nasional X nanti, mereka akan mengikuti serangkaian kegiatan dari mulai outbond, dirgantara, persahabatan, dan lain-lain.

Untuk mengikuti Jambore tersebut, bahkan kontingen rela saweran uang. “Persiapan kontingen menggunakan biaya gotong-royong sebanyak 165 juta rupiah,” kata Mathodah, Ketua Kwartir Cabang Pramuka Kota Tangsel saat pelepasan di Balaikota, Ciputat, kemarin.

Walikota Airin Rachmi Diany mengungkapkan beruntunglah para penggalang yang ikut ke Jambore Nasional X karena mereka merupakan kader pilihan terbaik. “Yang penuh kerja keras, disiplin, dan dedikasi sehingga bisa terpilih untuk mewakili Pramuka Kota Tangsel,” ungkapnya.

Ia berpesan kepada kader penggalang Pramuka yang dikirim dapat memperkenalkan Kota Tangsel dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Airin juga mengapresiasi kepada orangtua pelajar yang terus rela mengawal anaknya ikut organisasi kepanduan.

“Bersyukurlah bapak dan ibu yang mempunya anak dengan potensi cukup baik. Mudah-mudahan dengan keikutsertaan anak-anak kita ke Jambore Nasional X untuk menghadapi tantangan demi meraih cita-citanya yang lebih baik,” tambah Airin

Airin mengutarakan ingin dan terus berupaya melakukan revitalisasi terhadap gerakan Pramuka di Kota Tangsel sehingga, anak-anak di sekolah mau secara sadar mengikuti kegiatan Pramuka. Apabila anak-anak mengikuti Dasa Dharma Pramuka, maka akan bisa meraih masa depannya yang baik.

Selama mengikuti kegiatan Pramuka, anak-anak sudah dibekali oleh ilmu Dasa Dharma. Ilmu pramuka dapat membentuk sikap, jiwa dan mental menjadi pribadi yang baik serta bermanfaat bagi masyarakat umum.

“Saya pun dulu aktif ikut kegiatan Pramuka dari SD dan SMP. Dan menjadi membanggakan bilamana kita dapat memakai selempang dengan banyak simbol-simbol keahlian untuk nantinya menjadi kebiasaan,” pungkasnya.(*)

Sumber: Tangsel Pos

Leave a Reply