Airin Rachmi Diany, tanam Rambutan Parakan di hutan Kota Muhammad sabki d Kota Jambi pada Munas ke V APEKSI

Para wali kota yang hadir pada Musyawarah Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) ke-5 menanam pohon nusantara khas daerahnya di kawasan hutan kota, Kota Jambi, Kamis.

Pohon khas daerah yang ditanam oleh wali kota tersebut ditanam di kawasan seluas satu hektare sebagai upaya pengendalian pemanasan global dan emisi.

Hutan kota Muhammad Sabki Jambi tersebut menjadi lokasi penanaman pohon nusantara berbagai jenis yang dibawa oleh para wali kota dari daerahnya masing-masing.

“Penaman pohon khas masing-masing daerah yang diperuntukan pada lokasi seluas satu hektare tentunya akan lebih memperkaya keanekaragaman jenis pohon di hutan kota ini,” kata Wali Kota Jambi Syarif Fasha.

Berbagai jenis pohon yang ditanam di antaranya “bunga merak” dari Kota Bandung yang ditanam oleh Wali Kota Ridwan Kamil.

Kemudian Kota Jambi dengan pohon khasnya tembesu, pohon nangka khas Kota Pekalongan dan pohon mangga dodol khas Kota Ambon. Kemudian berbagai jenis pohon khas daerah lainnya sebanyak 98 jenis pohon.

Selain itu penanaman pohon ini juga menandakan kepedulian yang besar akan kelestarian lingkungan yang berkontribusi positif terhadap pemanasan global.

“Ke depan lokasi penanaman pohon ini akan dijadikan ‘Arboretum Pohon Nusantara’ yang nantinya dapat dinikmati oleh masyarakat,” kata Fasha.

Sementara itu, Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany yang menanam pohon jenis rambutan parakan mengatakan, penanaman pohon nusantara ini tidak hanya dijadikan seremonial saja.

“Tentunya kita semua yang menanam pohon di sini agar dirawat dan dijaga sampai besar sehingga bermanfaat bagi lingkungan,” kata Airin.

Sementara Dinas Pertanian, Peternakan, Perikanan dan Kehutanan (DP3K) Kota Jambi sebagai pengelola hutan kota tersebut berjanji mengembangkan berbagai jenis pohon yang telah ditanam oleh para walikota se-Indonesia itu.

“Ini amanah, pohon yang telah ditanam itu akan kami kembangkan, kita siram supaya subur,” kata Kepala DP3K Kota Jambi Teguh Wiyono. (kw)

Leave a Reply