Lampu Merah Bakal Dilengkapi Teknologi Digital

lampu-merahKemacetan di Kota Tangsel bakal teratasi dengan teknologi canggih. Pemkot sedang berusaha menjalin kerjasama dengan swasta untuk mewujudkan konsep smart city.

Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany mengungkapkan smart city ini sangat bermanfaat buat masyarakat dan pemerintah daerah. Salah satunya seperti pengembangan traffic management sebagai pengatur lalu lintas agar kemacetan bisa teratasi.

“Pada proses pelaksanaannya, Pemkot Tangsel akan menjadi fasilitator. Karena nantinya akan kita hadirkan pula perusahaan swasta untuk investasinya,” tandasnya.

Airin mengatakan proyek tersebut bakal secepatnya dilaksanakan. Sesuai time table yang sudah disepakati, pelaksanaannya dibawah satu tahun. “Nanti akan dibentuk tim kecil untuk pembahasan lanjutan. Kamis (besok) rencananya akan dibedah kembali, setelah itu progress-nya akan terlihat pada satu atau dua pekan mendatang,” katanya.

Pemkot menggandeng kelompok ifrastruktur Prima Infra Limited yang didukung sejumlah perusahaan teknologi ternama seperti Google, Lenuvo, IBM, Cisco, Cloud serta sejumlah perusahaan lainnya.

“Pendekatan kami, adalah melalui teknologi digital atau teknologi informasi dan komunikasi,” kata CEO Prima Infra Limited, Nicolas Jenik saat memaparkan program Smart City di salah satu hotel kawasan Serpong, kemarin.

Bagi pemerintah daerah, konsep ini bakal memiliki manfaat luar biasa. Nantinya, pemerintah daerah bakal mempunya Smart Platform (platform pintar), sebagai dasar untuk membangun e-Data Center.

“e-Data Center inilah nantinya yang akan memberikan informasi cerdas, cepat, tanggap serta memfasilitasi perusahaan maupun individu. Ini akan mengubah sistem informasi yang sebelumnya disajikan secara manual,” jelas Jenik.

Melalui konsep seperti itu, diyakini Jenik bakal mampu meningkatkan kualitas dan kinerja pelayanan perkotaan. Selain itu, mampu menekan biaya dan konsumsi sumber daya, lantaran penyampaian informasi langsung bisa diakses lewat layanan perangkat lunak.

“Kami yakini Smart City untuk membantu negara-negara berkembang terutama dalam menyediakan infrastruktur penting untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” tandasnya.

Sumber: Tangselpos.com