(Foto:dok/bpti-ts)

Semangat para pelaku sejarah perebutan kemerdekaan Republik Indonesia harus dilanjutkan oleh aparatur pemerintahan daerah. Tentunya melalui semangat pembangunan yang hingga kini terus bergulir di Kota Tangerang Selatan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Demikian disampaikan Inspektur Upacara, Wakil Walikota Benyamin Davnie, dalam amanatnya ketika memimpin apel upacara peringatan Hari Pahlawan ke-67 dan Hari Kesehatan Nasional ke-48. “Tujuan utama upacara ini untuk memberikan penghargaan kepada para pahlawan,” kata Wakil Walikota Benyamin, di lapangan upacara Pamulang, Senin, 12 November 2012.

Sesuai dengan pesan pahlawan proklamator (founding father) Soekarno-Hatta, lanjut Wakil Walikota, hanya bangsa besar yang bisa menghargai jasa pahlawannya. Pertempuran 10 November 1945 merupakan peristiwa heroik yang harus menjadi pemacu semangat dan bisa menjadi inspirasi para generasi muda.

Semangat patriotik pahlawan, lanjutnya, harus tertanam pada setiap Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kota Tangerang Selatan. Di era pembangunan belakangan ini, tantangan fisik, alam dan lainnya menjadi pemacu semangat harus terus dikobarkan agar tujuan otonomi daerah dapat berhasil.

“Sesuai pesan ibu Walikota (Airin Rachmi Diany) semangat gotong-royong, membela yang lemah dan pengentasan pengangguran. Itu adalah semangat-semangat yang harus kita pelihara di dalam menghadapi tugas-tugas pemerintahan,” ujar Wakil Walikota Benyamin.

Sementara itu, Komandan Batalyon Veteran Tangerang Selatan, Halim M, berharap agar para penerus-penerus saat ini sadar akan perjuangan yang telah ditempuh pahlawan. Konteks perjuangan yang dihadapi generasi penerus saat ini berbeda dengan para pejuang sebelumnya yang turun ke medan perang demi tercapainya kemerdekaan.

“Generasi sekarang bukan perang mengangkat senjata dan bambu runcing. Tapi mengindarkan kemiskinan, pembodohanan pengangguran.Kalau dulu perjuangan dengan berperang jadilah seperti ini. Generasi sekarang ini harus lebih semangat lagi,” ujar Halim, yang turut dalam pelaku sejarah perebutan Monumen Lengkong ini.

Pada kegiatan upacara yang dipimpin oleh Kepala Seksi Informasi , Dinas Sosial Ketenagakerjaan dan Transmigrasi(Dinsosnakertrans), Wahyunoto Lukman, turut dibacakan pesan-pesan perjuangan para pahlawan nasional RI diantaranya, Nyi Ageng Serang, Jendral Soedirman dan Prof M Yamin. Pemerintah Kota Tangerang Selatan, melalui Dinsosnakertrans memberikan penghargaan kepada para pejuang.

Turut hadir sejumlah pejuang kemerdekaan yang tergabung di dalam Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Tangerang Selatan dan sejumlah pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam kegiatan upacara yang dilanjutkan dengan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Seribu Serpong, yang menjadi puncak acara. (tangerangselatankota.go.id/kt)

Leave a Reply