Airin Rachmi Diany Minta Loket Pelayanan Kependudukan Ditambah

Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany mendaftarkan diri dalam program elektronik-Kartu Tanda Penduduk (e-KTP)Untuk mempermudah pelayanan bagi masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany meminta agar Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) menambah petugas untuk di Kelurahan dan Kecamatan.

Airin menjelaskan, penambahan petugas dari Disdukcapil ini dilakukan untuk memverifikasi data masyarakat, sehingga data tersebut selesai di Kelurahan, dan pihak Kelurahan akan mengirim berkas ke Kecamatan dan Disdukcapil menandatanganinya.

“Selama ini, masyarakat harus jalan dari Kelurahan, Kecamatan lalu ke Disdukcapil, dengan adanya penambahan petugas Disdukcapil di Kelurahan dan Kecamatan, masyarakat yang ingin mengurus berkas administrasi kependudukan tidak perlu repot-repot datang ke Disdukcapil, dia hanya datang ke Kelurahan, dan data akan diverifikasi oleh petugas yang ada di Kelurahan,”ungkap Airin saat sosialisasi kebijakan kependudukan, di Puspiptek, Kecamatan Setu,Senin (31/8).

Airin mengatakan, verifikasi data ini dilakukan oleh petugas Disdukcapil yang ditempatkan di Kelurahan dan Kecamatan, “Saya meminta 61 orang baik itu PNS ataupun TKS yang mempunyai komitmen penuh dalam hal pelayanan, mereka akan menjaga di satu loket tambahan dimasing-masing Kelurahan dan Kecamatan dan tugas mereka memverifikasi data administrasi kependudukan yang masuk,”jelasnya.

Lanjut Airin,pelayanan administrasi kependudukan lebih merupakan tugas dari aparatur atau pemerintah dan bukan tugas dari masyarakat, jadi sudah saatnya institusi publik memberikan pelayanan seperti yang diberikan oleh dunia swasta. “Tugas kita melayani masyarakat bukan dilayani,”tegasnya.

Wanita kelahiran Banjar itu menegaskan bahwa terkait dengan pelayanan administrasi kependudukan, dirinya menginginkan seluruh aparat yang terkait harus mau dan mampu memberikan pelayanan terbaik.

“Saya tidak ingin lagi mendengar adanya keluhan dari masyarakat terkait dengan hal ini,perlu saya tekankan bahwa pelayanan yang baik adalah pelayanan yang cepat, jelas, dilakukan dengan ramah, tanpa ada biaya yang tidak perlu dan memiliki kepastian hukum,”pungkasnya.

Menyikapi hal tersebut, Kepala Disdukcapil Tangsel Toto Sudarto menjelaskan, pihaknya akan merekrut petugas kelurahan dan kecamatan untuk memverifikasi data administrasi kependudukan yang ada di Kelurahan dan Kecamatan. “Kita akan lakukan itu dalam waktu dekat,”ungkapnya.

Sementara itu dalam hal terobosan baru terkait administrasi kependudukan, Disdukcapil pun memberikan voucher kepada masyarakat. “Sistem voucher ini diberikan kepada instansi seperti rumah sakit dan lainnya untuk pengurusan administrasi kependudukan seperti pembuatan akta kelahiran,”katanya.

Sumber: Tangselpos