Airin Rachmi Diany Bentuk Tim IT Layanan Warga

Presiden Joko Widodo didampingi Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany (Miladi Ahmad Cemol Tangerang Ekspres JPNN)

Upaya meningkatkan pelayanan ke masyarakat untuk lebih cepat dan mudah Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) secepatnya membentuk tim informasi teknologi (IT) sehingga karyawan, pegawai maupun masyarakat tak ketinggalan dalam bidang teknologi informasi.

“Saya memang ingin membuat tim IT agar kegiatan serta pelayanan ke masyarakat di Kota Tangsel dapat cepat dan mudah ditangani,” ujar Walikota Airin Rachmi Diany, di Pamulang.

Mereka yang memiliki hobi IT silakan mendaftar untuk bergabung dalam IT yang tentunya difokuskan kepada seluruh aparatur pemerintah yang mengemari IT karena akan dibentuk di lintas sektoral Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Menurut dia, tim tersebut tentunya akan dibawah kendali Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) setempat atau Bagian Pengelola Teknologi Informasi (BPTI) Sekretariat Daerah Kota Tangsel.

“Pegawai atau karyawan yang tergabung dalam tim IT tentunya akan diberikan atau dibuatkan surat ketetapan (SK) Walikota,” ujarnya yang berharap seluruh karyawan atau pegawai di lingkungan Kota Tangsel untuk lebih kreatif dalam bekerja.

Berbagai produk aplikasi yang telah diterapkan di SKPD Kota Tangsel antara lain layanan selektif mengamati realitas Kota Tangsel (Smart Tangsel), buku tamu, layanan SIUP TDP dan lainnya yang tentunya tim IT tersebut diharapkan mengadakan pertemuan secara rutin seperti seminggu sekali atau dua minggu sekali dalam setiap bulan untuk mengevaluasi kinerja yang ada.

“Yang jelas tim IT ini terbuka bagi siapa pun dan pembentukannya guna mengembangkan dunia IT yang akan diterapkan di masyarakat Kota Tangsel sehingga dapat menjadi terobosan serta inovasi terbaru dalam pelayanan,” ujarnya.

2.768 PEMOHON

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan Ekonomi dan Kesra BP2T setempat, Haris Prawira, menambahkan adanya kegiatan pelayanan dengan sistem on line mendapatkan perhatian cukup besar dari masyarakat.

Bahkan, tambah dia, kurun waktu empat bulan pelayanan on line ada sekitar 2.768 orang pemohon yang mengurus surat izin usaha perdagangan (SIUP) dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP) kalau dulu pelayanan manual kurun waktu yang sama hanya mendapatkan pelayanan sekitar 1.748 orang pemohon.

Kegiatan sistem on line pelayanan lebih efektif dan banyak diminati masyarakat Kota Tangsel karena kegiatan pelayanan yang juga buka hari Sabtu dan Minggu mencapai 238 pemohon. Ditambahkan Haris P, pelayanan sistem on line antara lain Pk. 00 hingga Pk. 08:00 dan Pk. 16:00 hingga Pk. 24:00 serta jam kerja hari biasa mulai Pk. 08:00 hingga Pk. 16:00.

POSKOTA